Merencanakan Bisnis Pembuatan Web


Artikel ini ditujukan kepada para mahasiswa yang mengambil jurusan Teknologi Informasi atau Sistem Informasi. Pernah seseorang menyampaikan kepada kami, kalo mahasiswa akademi majemen informasi dan komputer nganggur saat lulus kuliah, berarti dia tidak belajar apa-apa sebelumnya.
Setelah dipikir-pikir bener juga sih. Bayangkan jika Anda seorang mahasiswa akademi manajemen informatika dan komputer dari jurusan apa sajalah, banyak sekali materi-materi kuliah yang telah diajarkan. Adakah yang paling menarik minat Anda? Jika tidak ada berati Anda salah jurusan... hehehehe...
Biasanya materi Jaringan Komputer, Pemrograman, Pemrograman Internet (Web Programming) dan Web Design diajarkan di perkuliahan. Dengan kemampuan materi-materi tersebut, kita anggap Anda sudah mampu untuk memulai bisnis Anda. Pertanyaannya adalah bagaimana cara memulainya?
Ini hanyalah sebuah trik atau pengalaman awal saat memulai membangun bisnis di pembuatan website, tentu saja banyak sekali trik atau pengalaman-pengalaman lainnya yang patut Anda baca dan ketahui. Kadang belajar dari kesalahan orang lain akan mempercepat proses belajar kita.
Apa saja yang harus dilakukan untuk memulai binis pembuatan website?

* Buatlah sebuah merek dagang sesuai dengan jiwa dan kesukaan Anda, tidak ada batasan untuk membuat sebuah merek dagang.

* Pilih nama domain yang sesuai atau sejalan dengan merek dagang Anda.

* Pesanlah domain dan hosting di salah satu perusahaan penyedia. Lakukan survey singkat terlebih dahulu dengan membanding-bandingkan masing-masing perusahaan tersebut.

* Buatlah website yang berisikan company profile dari usaha Anda tersebut.

* Selesai, Selamat .... sekarang Anda punya bisnis pembuatan web site.

Mudah sekali bukan? Dari pembahasan diatas, untuk sementara jangan perdulikan dulu tentang legalitas. Legalitas sangat penting, tetapi saat awal mendirikannya lebih baik konsentrasi dengan apa yang akan Anda jual. Setelah berjalan atau saat Anda mendapatkan customer yang benar-benar membutuhkan legalitas, saat itulah Anda mulai mengurus surat-surat legalitasnya.

Dengan membaca bahasan diatas, tentu saja Anda akan bilang, "Ngomong sih gampang, bagaimana prakteknya?" ya kan? Hehehehe... iya wajar saja Anda memiliki pikiran seperti itu, tetapi inti nya adalah Anda harus punya kenyakinan untuk bisnis ini. Jika Anda mampu melakukan 5 (lima) hal diatas, maka semuanya bisa mungkin terjadi, bisa sukses!!!

Simpan dahulu petanyaan-pertanyaan lainnya, saat ini konsentrasi terlebih dahulu pada 5 (lima) hal diatas sehingga Anda bisa fokus. Ambil pulpen/pensil serta kertas, mulailah mencoret-coret memikirkan merek dagang dan nama domain yang sesuai untuk bisnis Anda. Dan selanjutnya ikuti bahasan ke 2 (segera menyusul).

Semoga bermanfaat. Selamat berbisnis.
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Teknopreneurship dengan judul Merencanakan Bisnis Pembuatan Web. Jika kamu suka, jangan lupa like dan bagikan keteman-temanmu ya... By : o s m
Ditulis oleh: Alfonsius Karno - Friday, April 25, 2014